Geliat Gerakan Pamuka Kwartir Cabang Luwu Timur

  2015-10-15   I Gede Karianto   Informasi Sekolah

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Luwu Timur bekerjasama dengan Sekolah Umum YPS telah melaksanakan pelatihan bagi pembina pramuka dalam bentuk Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML) bagi seluruh guru dan staf administrasi di tingkatan TK, SD, SMP, dan SMA Sekolah Umum YPS, pada tanggal 15 hingga 19 Desember 2014.

Bertempat di area SMA YPS Sorowako, 42 pembina pramuka peserta KML dan 125 pembina pramuka peserta KMD mengikuti rangkaian materi yang dimulai sejak pukul 07.30 pagi sampai dengan pukul 23.30 malam.

Pelatihan bagi para pembina pramuka dirasakan menjadi hal yang penting untuk segera dilakukan, demikian ungkap Dekker F. Rorie, Direktur Sekolah Umum YPS, saat menjadi inspektur dalam Acara Penutupan. Andi Lukman, peserta terbaik dari Kurus Mahir Dasar mengakui besarnya manfaat yang ia peroleh. Rata-rata para guru baru mendalami kegiatan kepramukaan sejak terlibat sebagai pembina pramuka di unit sekolahnya masing-masing. Kursus yang dikemas dengan 75% praktek (diantaranya dalam bentuk outbond dan hiking) dan 25% teori dalam ruangan ini memuat kurikulum lengkap terkait gerakan kepramukaan. Bagaimana peran seorang pembina, keorganisasian gerakan pramuka, hingga berbagai teknik kepramukaan. Para pembina ini digembleng layaknya peserta didik Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak.

Meski sangat menguras stamina karena padatnya materi, namun para peserta menikmati tantangan yang diberikan dalam setiap games, outbond dan hiking, hingga malam apresiasi seni dan budaya yang menghibur seusai upacara unggun api. Bahkan, Ketua Yayasan Pendidikan Sorowako, Ahmad Gunara, turun langsung menjadi peserta Kursus Mahir Dasar. Ia hadir penuh, mengikuti materi, dan turut menginap di area sekolah.

Diharapkan dengan penyelenggaraan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Tingkat Lanjutan bagi para pembina pramuka di Sekum YPS ini dapat membangkitkan gerakan pramuka di Kabupaten Luwu Timur. Sebelumnya, telah diselenggarakan pula acara kepramukaan bertajuk Karang Pamitran yang dihadiri perwakilan-perwakilan unit sekolah se-Kabupaten Luwu Timur dalam bentuk perkemahan di Bumper Sawerigading Sorowako, Kecamatan Nuha (30/10/2014 sampai dengan 2/11/2014), masih digawangi oleh Pusdiklat Kwartir Cabang Luwu Timur, diantaranya Muslimin Nasution beserta pelatih pramuka dari Kwartir Cabang Makassar, H. Mappe Kasim, beserta rekan-rekannya, dibantu oleh kakak-kakak pramuka dari Sangga Kerja.

Tentunya penyelenggaraan kursus kepramukaan ini diharapkan dapat meningkatkan peran gerakan pramuka dalam pembentukan kepribadian generasi muda, agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup, sebagaimana termaktub dalam UU RI No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. (mh)


Print BeritaPrint PDFPDF


Baca juga yang ini :



Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
160023 Total Hits Halaman
39070 Total Pengunjung
12 Hits Hari Ini
2 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id