Ekstrakulikuler

EKSTRAKURIKULER TARI NUSANTARA

 

Ekskur Tari Nusantara tahun lalu hanya diikuti oleh 10 siswi (masih kurang peminatnya). Tahun ini bertambah menjadi 20 siswi kelas 4 – 6. Pembina tari nusantara tahun ini pun kedatangan 2 personel guru, Bu Chitra dan Bu Mety. Konsep tari nusantara tahun ini akan dibuat lebih semarak dan colorful. Tahun lalu, peserta tari nusantara membawakan Tari Kreasi Nusantara yang menggabungkan beberapa tarian daerah dari berbagai daerah di Nusantara, dikreasikan tanpa mengurangi budaya lokal daerah setempat.

Tahun ini, kami pembina pun turut dibantu oleh kakak-kakak Mahasiswa KKN-PPL UNM yang juga punya bakat di seni tari. Ada Ms. Ummi Kalsum, Ms. Ria, dan Ms. Eka. Konsep tari nusantara tahun ini akan membawakan tari 4 etnis ditambah tari panen yang insya Allah menambah semarak Pensi tahun depan. 20 siswi akan berkolaborasi tampil menggunakan pakaian adat khas Sulawesi. Tari 4 etnis yang dimaksud berasal dari 4 suku di Sulawesi Selatan yang sudah terkenal dengan tariannya yang memukau. Makassar, Bugis, Mandar, dan Toraja akan disatukan dalam satu pagelaran tari. Semoga dapat terwujud dengan durasi latihan yang hanya  2 kali sebulan. Aamiin.

 

Eskur Warcil adalah kegiatan ekstrakurikuler untuk menumbuhkembangkan minat menulis pada siswa, khususnya agar ia terinspirasi menjadi seorang wartawan cilik. Di eskur warcil, siswa diharapkan dapat mengamati suasana, memberikan laporan pandangan mata, maupun laporan melalui wawancara dengan narasumber dalam peliputan suatu kegiatan.

 

 

EKSTRAKURIKULER WARTAWAN CILIK

 

Sebelum terjun meliput, siswa berlatih membuat karangan yang dikembangkan dari suatu tema dan pokok-pokok pikiran. Kemudian siswa mendapatkan tugas meliput salah satu kegiatan eskur di SD YPS Lawewu. Sebelumnya siswa berlatih memperkenalkan diri dan meminta izin dengan baik, membuat pedoman wawancara yang meliputi unsur 5W+1H (apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana), agar dapat melakukan wawancara dengan baik. Diharapkan ia dapat mengumpulkan informasi dari narasumber beserta pengamatan langsung dan menuangkannya dalam tulisan yang menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, menarik dan dapat mememenuhi unsur berita 5W+1H.

Diharapkan, siswa dapat menghasilkan karya berupa artikel yang dapat diposting di website sekolah, maupun menjadi karya yang dapat dibaca bersama dalam media majalah Dinding. Yang terpenting, siswa senantiasa bersemangat, dan semakin percaya diri untuk menulis, karena siapatahu kelak, ia akan menjadi seorang wartawan sejati!

 

EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA

 

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler olahraga atau “eskul” di SD YPS Lawewu adalah, Eskul Tenis Meja. Menurut Ms. Chitra, Pembina eskul ini, tujuan siswa untuk mengikuti eskul tenis meja, yaitu agar dapat berkompetisi dan untuk dapat mengikuti lomba-lomba tenis meja di sekolah maupun di luar sekolah.

Zhofran mempunyai pengalaman di eskul tenis meja, yaitu ia dapat mengikuti lomba-lomba kejuaraan tenis meja. Ia juga beberapa kali menjadi juara tenis meja karena setiap latihan, permainan Zhofran semakin membaik.

Siswa eskul tenis meja yang hadir pada hari Jumat, 24 April 2015 hanya 4 orang, tetapi mereka bermain dengan pasangan mereka dengan sangat baik. Mereka sangat gesit  menangkis bola tenis meja dengan cepat yang didampingi oleh Ms.Chitra.

 

Ansamble: Alunan Merdu Musik dan Vokal

 

            Ansamble adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SD YPS Lawewu, dimana siswa dapat menyalurkan bakat di bidang bermusik dan bernyanyi. Eskul ini dilatih oleh Pak Agus Pamatan dan Ms.Uci Sumarlin. Tujuan ekskul ini adalah untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan dan bakat para siswa dalam memainkan alat musik dan juga bernyanyi. Selain itu juga mengasah kemampuan otak kanan siswa untuk mengembangi kemampuan-kemampuan kognitif atau akedemik siswa yang selalu dilalui di kelas.

           Menurut guru yang membimbing Musik Kolaborasi, eskul tersebut masih perlu latihan agar pada saat mereka menampilkanya di pentas seni tampilan mereka baik dan bagus. Rencananya pada acara Pensi nanti mereka akan menampilkan suara yang sangat indah dari paduan suara dan permainan musik dari perpaduan Sulawesi Utara dan Jawa, yaitu alat musik kolintang dan angklung . 

 

EKSKUL DRAWING

S

SSalah satu ekskul menarik di SD YPS Lawewu adalah ekskul drawing.Disana, semua siswa diajarkan cara menggambar yang baik dan benar. Jumlah peserta ekskul drawing adalah sekitar 30-an. Menurut Hasriani Nur, sebagai pembina ekskul drawing, “Eskul ini berjalan dengan seru dan menarik.”

Tujuan dari ekskul ini adalah untuk melatih siswa dalam bidang menggambar, supaya hasil mereka lebih bagus lagi. Sebagai salah satu peserta ekskul drawing, Sharon kelas 5A,memberikan tanggapannya. “Menurut saya, eskul ini menyenangkan, bagus, dan ceria karena guru mengajar kami menggambar wajah dan masih banyak lagi,” demikian ungkapnya. Disana semua siswa mengeluarkan semua bakat atau kemampuan menggambar yang mereka miliki, agar hasil karya mereka lebih bagus.

Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
160072 Total Hits Halaman
39071 Total Pengunjung
61 Hits Hari Ini
3 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id