VISI dan MISI SD YPS LAWEWU

VISI SD YPS LAWEWU :

SD YPS LAWEWU berkomitmen untuk menumbuhkembangkan anak menjadi lulusan mandiri yang beriman, bermoral dan cerdas, serta mencintai lingkungan, agar mampu menghadapi tantangan hidup.

Komitmen

Adalah janji untuk mernberikan lebih banyak waktu dan energi untuk mencapai kemajuan yang diinginkan bersama. Ini merupakan hal yang memerlukan tindakan-tindakan nyata dan berhasil akhir jelas — artinya ini bukanlah sekedar pernyataan atau slogan, kepura-puraan ataupun hiasan belaka.

Menumbuhkembangkan

Adalah proses sebuah aktifitas yang dilakukan oleh para pendidik di sekolah untuk memastikan tumbuh dan berkembangnya anak-anak yang berada dalam asuhan mereka. Ini adalah pemikiran tentang kemajuan kehidupan siswa dari masa kanak-kanak sampai menjadi dewasa muda. Para siswa bukanlah benda mati yang menyerah dan pasrah begitu saja, tetapi mereka merupakan anak-anak yang ketika ditumbuhkembangkan dengan sungguh-sungguh, akan menjadi dewasa muda yang unggul.

 

 

Lulusan Mandiri

Lulusan yang mandiri adalah harapan dari semua pionir dan mereka yakin bahwa pendidik dan siapapun yang terlibat dalam sekolah-sekolah di bawah YPS mampu mengembangkan siswa menjadi lulusan yang mandiri.

Lulusan mandiri digambarkan sebagai:

Lulusan yang memiliki prinsip hidup bermakna, terbuka terhadap perubahan-perubahan positif yang terjadi di sekeliling mereka, berani mengambil risiko atas keputusan yang telah diperhitungkan, dan memiliki kemampuan untuk menjadi dewasa muda yang proaktif. Mereka adalah lulusan yang berkepribadian kuat dan pantang menyerah.

Lulusan mandiri bukanlah:

Lulusan yang tergantung pada orang lain, lulusan yang takut pada perubahan-perubahan, lulusan yang pasif dan reaktif, bukan juga lulusan yang mudah terpengaruh dan tidak tegas. Mereka bukanlah lulusan lemah.

Beriman

Anak-anak yang lulus dari sekolah-sekolah YPS dipastikan memiliki keyakinan kepada Tuhan, taat menjalankan ajarannya, berpegang teguh pada keyakinannya, dan memiliki ketetapan hati dan keseimbangan batin. Mereka bukanlah anak-anak yang meragukan keberadaan Tuhan, ingkar terhadap ajaran agama, dan bukan pula anak-anak mudah tergoda untuk ingkar kepada Tuhan dan ajaran-ajaranNya.

Bermoral

Anak-anak yang bermoral adalah mereka yang memiliki:

  •   Kemampuan membedakan yang baik dan buruk dan berbuat berdasarkan nilai-nilai tersebut;
  • Ketaatan pada aturan dari negara, masyarakat dan keluarga;
  • Memiliki budi pekerti dan sopan santun kepada sesama, tenggang rasa, empati, dan menghargai perbedaan;
  • Berani hidup bukannya berani mati, berani berbuat baik dan benar, serta bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi.

Mereka bukanlah anak-anak yang memahami moral sebagai sekedar slogan yang tidak pernah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Cerdas

Anak-anak yang cerdas adalah mereka yang memiliki kemampuan berpikir untuk mengambil keputusan baik, memiliki kecintaan pada ilmu pengetahuan dan teknologi, dan berwawasan luas. Mereka adalah anak-anak yang mampu membedakan mana yang penting dan mana yang tidak, dan mampu mengoreksi diri sendiri.

Anak-anak cerdas bukanlah anak-anak yang takut membuat keputusan, bukan peragu atau berwawasan sempit. Mereka bukanlah anak-anak yang mudah panik, bukan pula anak-anak yang menganggap dirinya paling benar.

Mencintai lingkungan

Adalah menjaga kelestarian alam khususnya lingkungan di sekitar sekolah dan rumah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, nyaman serta sehat sehingga bumi ini menjadi lestari untuk mencegah pemanasan global.

Menghadapi

Adalah cara produktif merespon segala hal dengan keberanian untuk menerima resiko atau konsekuensi yang mungkin terjadi dan bukan meninggalkan hal tersebut karena tidak berani menanggung risiko yang mungkin terjadi.

Tantangan hidup

Hidup tidak diciptakan untuk menjadi mudah dan selalu nyaman. Hidup adalah tantangan untuk dihadapi, kesulitan untuk dipecahkan, masalah untuk diselesaikan, dan cita-cita mulia untuk dicapai.

 

MISI SD YPS LAWEWU

  1. Merubah paradigma lama dari seorang pelaksana kerja menjadi seorang agen perubahan.
  2. Menjadi teladan hidup pribadi mandiri yang cerdas, beriman dan bermoral
  3. Mengembangkan kurikulum untuk peningkatan kemandirian, kecerdasan, keimanan dan moral siswa.
  4. Menciptakan iklim yang lebih terbuka bagi siswa.
  5. Menciptakan sekolah yang berwawasan Adiwiyata.
  6. Menuju Sekolah Standar Nasional.

 

Penjelasan misi:

Paradigma lama:

Seorang guru hanyalah seorang guru, hanyalah seorang yang berdiri di depan kelas dan mengajar, hanyalah seorang pegawai, hanyalah seorang yang menunggu perintah.

Paradigma baru:

  1. Guru adalah pendidik yang mendedikasikan ilmu, keterampilan dan cinta kasih demi menyiapkan jiwa-jiwa muda menghadapi masa depan mereka;
  2. Guru adalah mereka yang menjadi agen-agen perubahan ke arah yang lebih baik, sebab masa depan harus disiapkan dengan kesigapan emosi yang unggul;
  3. Guru adalah pendidik yang memiliki inisiatif dan ide-ide orisinil untuk kemajuan pendidikan dan semangat untuk melaksanakan ide-ide baru yang cemerlang tersebut

 

Menjadi teladan hidup pribadi mandiri yang cerdas, beriman dan bermoral dan mengembangkan kurikulum untuk peningkatan kemandirian, kecerdasan, keimanan dan moral siswa:

Ini artinya semua orang yang terlibat di dalam sekolah-sekolah YPS dengan tulus dan terus  menerus:

  • Mengembangkan kurikulum dan pola pembelajaran yang lebih pasti mengarah pada pengembangan perilaku beriman, bermoral dan memiliki kecerdasan tinggi.
  • Memastikan pencontohan perilaku mandiri, cerdas, beriman dan bermoral tersebut agar anak-anak melihat dan meniru perilaku-prilaku yang dicontohkan.
  • Merancang dan melaksanakan ekstra kurikulum yang lebih tepat mengarah pada life skill untuk memastikan kesiapan anak-anak menghadapi masa depan mereka

Menciptakan iklim yang lebih terbuka bagi siswa. lni artinya semua orang di lingkungan YPS harus sudah mulai memberikan kesempatan kepadasiswa untuk:

  • Bertanya tanpa merasa bodoh,
  • Mengungkapkan pikiran tanpa merasa diadili
  • Menyatakan perasaan dan mendapat tanpa merasa tertekan
  • Memastikan leluasanya coaching dan counselling demi memastikan terjaganya emosi baik dan semangat tinggi dalam rangka mewujudkan misi tersebut, sekolah berusaha menerapkan peraturan yang ketat sesuai dengan kedudukan masing-masing dan menjalin komunikasi yang baik untuk menjamin.

 

Menciptakan sekolah yang berwawasan Adiwiyata:

Artinya SD YPS LAWEWU berkomitmen melakukan pencegahan kerusakan, pemeliharaan dan pelestarian lingkungan hidup agar tercipta lingkungan sekolah yang bersih, indah, sehat dan rapi (BERSINAR).

 

Menuju Sekolah Standar Nasional (SSN):

Artinya sekolah yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) yaitu standa kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar sarana dan prasarana, standar pendidik dan kependidikan, standar manajemen, standar pembiayaan, dan standar penilaian.

Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
160033 Total Hits Halaman
39070 Total Pengunjung
22 Hits Hari Ini
2 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id