DI PENTAS SENI SENDRATALA SD YPS LAWEWU 2016

  2016-03-03   I Gede Karianto   Kegiatan Siswa

Hari itu, Sabtu, 13 Februari 2016, tampak kemeriahan meliputi Lapangan dan Panggung SMP YPS Singkole yang digunakan untuk Pentas Seni dan Pameran Pendidikan SD YPS Lawewu. Pentas Seni Sendratala & Pameran Pendidikan SD YPS Lawewu 2016 adalah saat yang memberikan kesempatan bagi orangtua agar bisa menyaksikan unjuk bakat buah hatinya.

Acara dibuka dengan meriah oleh Marching Band SD YPS Lawewu, yang dirangkai kesenduan lagu Ibu Pertiwi yang dibawakan anggota Ekskur Paduan Suara dan Musik Kolaborasi serta puisi tentang kepedulian lingkungan oleh Karenina. Pada pembukaan ini, perwakilan siswa dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler membawa afirmasi peduli lingkungan dan membawa rangkaian huruf bertuliskan “Save The Earth”. Untuk aksi nyata akan kepedulian lingkungan, maka pembukaan ditandai dengan “Penanaman Pohon” yang dilakukan oleh Ketua Pengawas YPS, Pak Syaiful; Ketua YPS oleh  Bapak Chandra Yudha mewakili Bapak Ahmad Gunara; Pengurus YPS oleh Bapak Eko Nugroho; dan Dirsekum YPS, Bapak Dekker F. Rorie, dengan penyiraman oleh Kepala Sekolah SD YPS Lawewu, Bapak Ida Bagus Darmatika dan Ketua Parents Teachers and Friends Association (PTFA), Bapak Sirama. Kegiatan Pentas Seni Sendratala ini mengusung tema “One Earth, One Chance, Celebrate Earth Day Every day”. Seperti kutipan puisi yang dibawakan sebelumnya, bahwa bumi kita hanya satu, kesempatan kita hanya satu kli untuk menyelamatkan bumi ini, dan itu dimulai hari ini, detik ini.

                Keceriaan semakin bertambah, saat sejumlah ratusan siswa kelas 1 dan kelas 2 yang berasal dari enam kelas masuk ke arena lapangan untuk membawakan Senam Irama dengan celana loreng bak tentara. Kemeriahan dilanjutkan dengan atraksi gymnastik dari Ekskur Senam Lantai. Sekumpulan siswa putra ini unjuk kebolehan melakukan koprol, salto, dan masih banyak lagi.  Tak lama, sekelompok penari dari Ekskur Tari Nusantara dengan pakaian daerah yang sangat cantik menarikan Tarian 4 Etrnis Sulawesi Selatan. Tarian ini menggambarkan kerukunan serta kedamaian 4 etnis besar di Sulawesi Selatan, yatu etnis Makassar dengan ciri khas gerakan tari Pakarena yang pada tari ini terdapat peringatan kepada umat manusia agar menjaga alam semesta; etnis Bugis dengan ciri khas gerakan tari Pa’joge, etnis Mandar dengan ciri khas gerakan tari Patuddu dan Etnis Toraja, dengan ciri khas gerakan tari Pa’gellu.

                Kecintaan akan budaya nusantara pun kian ditonjolkan dengan Tari Kuda Lumping yang ditampilkan ke tengah lapangan dengan penuh semangat oleh seluruh siswa putra dari kelas 3. Tarian  yang berasal dari Jawa Timur ini menggambarkankegagahan dan keterampilan para prajurit berkuda. Seusainya, Para pengunjung dipersilahkan untuk mengunjungi Stand Pameran Pendidikan yang menampilkan Hasil Karya Ekskur Handicraft, Drawing Club, Wartawan Cilik dengan Majalah Dinding hasil liputannya, Eksur Komputer dan Robotik.

                MC Cilik memandu acara dengan menggemaskan. Mereka memanggil tampilan Fashion Show yang dibawakan seluruh siswa putri kelas 3 dengan ending lagu yang dibawakan oleh Andin. Tampil pula doa dan ceramah singkat dari kelompok Ekskur Tahsin dan Da’i CIlik. Ada liputan singkat dari Ekskur Warcil, dan tampilan Gitar Akustik yang membawakan lagu bertema lingkungan.

                Penonton tetap setia menikmati tampilan Pentas Seni dan Pameran Pendidikan dengan sesekali mengunjungi Bazaar Makanan yang dikelola oleh PTFA dan Paguyuban dan Orangtua siswa. Penonton tampak terpukau dengan kisah tentang bumi yang terbunuh oleh Sampah dan Metana yang dibuat oleh ulah manusia. Untungnya hal itu hanya mimpi semata yang dibawakan oleh Ekskur Teater Cilik. Dengan gerak dan lagu serta dialog yang ekspresif, pesan untuk menjaga lingkungan ini tersampaikan dengan apik. Pada penghujung acara, penonton menikmati tampilan Ekskur Pantomim yang jenaka. Dengan diiringi musik, gerakan mereka sangat  lucu dan mengundang tawa.

                Akhirnya Pentas Seni yang disiapkan oleh para guru dan karyawan SD YPS Lawewu, bekerja sama dengan PTFA dan Paguyuban Orangtua siswa, yang  menampilkan seluruh bakat siswa tanpa kecuali, dan dukungan Yayasan Pendidikan Sorowako dan PT Vale berakhir dengan kesan yang mendalam. Senyum terkembang saat orangtua melihat buah hatinya unjuk diri dalam penampilan maupun hasil karya yang dipamerkan. Pentas Seni ini adalah ajang kebersamaan siswa, orang tua, dan keluarga besar YPS dalam satu kegembiraan. Siswa-siswa pun semakin percaya diri untuk tampil dan mengeksplorasi bakat dan minatnya. Maka upaya latihan dan pembinaan berbulan-bulan lamanya dan persiapan yang menyita waktu pun terbayarkan dengan kebahagiaan hari ini. (mirna)


Print BeritaPrint PDFPDF


Baca juga yang ini :



Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
160046 Total Hits Halaman
39070 Total Pengunjung
35 Hits Hari Ini
2 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id