WORKSHOP SEHARI TIM SD YPS LAWEWU BERSAMA PAK GUNARA

  2015-03-23   I Gede Karianto   Informasi Sekolah

Akhir minggu pelaksanaan Ulangan Tengah Semester lalu menjadi saat yang lebih spesial bagi tim SD YPS Lawewu. Jumat (13/3/2015) tersebut, diisi dengan workshop bertajuk “Mengenali Profesi dan Bekerja Dalam Tim” yang dibawakan langsung oleh Ketua YPS, Ahmad Gunara.

Berlangsung di area kelas Blok 2 SD YPS Lawewu, workshop diisi dengan berbagai materi menarik dan games kelompok. Seperti yang sudah dilaksanakan di  TK YPS, workshop ini diharapkan dapat me-refresh, sekaligus menyamakan persepsi atau sinkronisasi/ value alignment  diantara tim.

Materi  inti yang disampaikan Pak Gunara adalah asas-asas berkomunikasi. Tentu me-refresh kembali cara berkomunikasi yang baik akan meningkatkan kualitas hubungan kita, baik dengan rekan kerja, maupun anak didik. Ia menyingkat prinsip komunikasi ini menjadi EEISS. Apa saja artinya? EEISS merupakan singkatan dari Esteem, Emphaty Involvement, Share, dan Support. Mau tahu lebih jauh? Mari kita simak satu persatu apa yang disampaikan Pak Gunara pada sesi ini.

  1. Esteem

Esteem dalam Bahasa Indonesia artinya harga diri. Maksudnya, kita perlu senantiasa menjaga harga diri orang yang kita ajak berkomunikasi. Dengan tulus, kita harus menjaga, jangan sampai merendahkan harga diri orang lain. Bukan juga dengan menyanjung yang berlebihan

  1. Empathy

Empati adalah merasakan apa yang dirasakan teman tanpa harus larut. Kita harus menjadi nilai tambah bagi teman kita, bukan menjadi provokator atau membuat dia semakin terpuruk. Jadi, kita menghargai apa yang dirasakan orang lain, dengan tetap menjadi diri kita sendiri, dengan nalar yang logic.

  1. Involvement
  2. atau pelibatan, maksudnya melibatkan teman komunikasi dalam sebanyak mungkin hal yang dibicarakan. Meskipun tampaknya menghabiskan banyak waktu, namun dengan melibatkan seluruh tim, maka akan diperoleh support, komitmen, dan partisipasi terbaik dari tim. Two way communication ini bisa meningkatkan rasa memiliki atau ownership dari tim. Begitu pun terhadap anak-anak didik kita. Dengan meminta pendapat anak, ia akan merasa dihargai dan dihormati.
  3. Share
  4. menjadi simbol keterbukaan kita. Dengan berbagi, maka teman bicara kita pun akan terbuka pada kita. Kita bisa berbagi pengalaman, pemikiran, penapat, bahkan visi dan misi.
  5. Support

Saat memberikan dukungan, tunjukkan kita membantu sesuai dengan kapasitas kita, tanpa mengambil alih tanggung jawab yang bersangkutan. Misalkan kita men-support siswa dengan memberi beberapa petunjuk, namun tetap ia yang harus melakukannya sendiri.

 

Tentu tidak semua situasi berada pada kondisi ideal, maka kita perlu mengenali tipe kecenderungan kepribadian teman bicara kita agar efektif dalam berkomunikasi. Ia juga menekankan agar senantiasa berprasangkan baik, agar menjadi kualitas pribadi terbaik. Sebagaimana pribahahasa, all gold glitters, but not all glitters are gold.

Games menarik kali ini adalah menyusun puzzle Koran oleh kelompok yang ditentukan secara random. Tim ditantang untuk bekerja sama dan mewujudkan tujuan bersama hingga tuntas. Dari permainan ini, kita dapat mengambil pelajaran berharga. Dalam pemberian suatu tugas, kita harus memperhatikan 5 hal, terkait: Clarity, Check, Ongoing discussion, Changes, dan Team. Apa ya, maksudnya?

  1. Clarity

Kita perlu memahami dengan jelas tugas yang akan dilaksanakan. Hal ini terkait dengan CPQQTR, yaitu Context, Purpose, Quality, Quantity, Time dan Resources  seputar tugas yang akan kita kerjakan

  1. Check

Pelajaran dalam games tersebut, atasan senantiasa melakukan checking the progress, agar semua tugas selesai sesuai dengan komitmen. Ini merupakan penerapan dari poin komunikasi support without taking responsibility. Checking diperlukan agar kerjasama terus solid sepanjang waktu.

  1. Ongoing discussion

Contoh dalam permainan ini, tim boleh meminta perpanjangan waktu menyelesaikan permainan. Hal ini mengingatkan kita untuk menganalisa jika kita membutuhkan tambahan resources, tidak pada saat menit-menit terakhir, namun bisa disampaikan sesegera mungkin.

  1. Changes

Perubahan akan selalu ada. Kita harus bisa fleksibel dan bersikap positif terhadap perubahan yang terjadi.

  1. Team

Dalam benak kita, we are one team! Dan hasil kerja tim yang terpenting.

Pada kesempatan berikutnya, peserta diajak mengambil inspirasi dari beberapa gambar, salah satunya rangkaian kalimat berikut: Please talk softly. Stop, look, and listen to the person speaking. Care for others (their feeling, their properties). Raise your words, not your voice. Kita diingatkan untuk memilih kata-kata yang pantas, bukan dengan intonasi yang keras.

Banyak kebiasaan-kebiasaan kecil namun penting yang sangat berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter seseorang, misalkan mendengarkan orang lain dengan atentif, menyatakan terimakasih, meminta maaf dengan tulus, berbicara dengan suara yang jelas, membuang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya.

Pada akhir sesi, terkait dengan character building ini, tim diminta untuk membantuk 3 karater utama siswa, yaitu kecakapan berkomunikasi, mencintai lingkungan, dan budaya antri.  Dalam kecakapan berkomiunikasi, diharapkan siswa berani berbicara, mampu mendengar, dan bertanya, termasuk stop, listen,look to the person we’re speaking. Mencintai lingkungan, yang merupakan bentuk tanggung jawab dan harus diwujudkan dengan sekolah yang bersih. Budaya antri menanamkan nilai-nilai tanggung jawab, menghargai orang lain, serta disiplin.

Tentu workshop ini benar-benar menjadi refreshment bagi tim SD YPS Lawewu agar terus melakukan improvement di masa yang akan datang.

(mh)


Print BeritaPrint PDFPDF


Baca juga yang ini :



Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
160076 Total Hits Halaman
39071 Total Pengunjung
65 Hits Hari Ini
3 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id